50 Anggota DPRD Kabupaten Garut Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, 28 Nama Baru Bergabung

 

Prosesi pelantikan 50 Anggota DPRD Kabupaten Garut Periode 2024-2029, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (13/8/2024). (Foto : Deni Seftiana, Moch. Ahdiansyah, Ilham Kautsar P, Anggana Mulia Karsa, & Rahmatillah Ramadhani/Diskominfo Kab. Garut)

Erqita News, Tarogong Kidul - Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut pada Selasa (13/8/2024). Acara pelantikan yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut ini, dipimpin oleh Ketua DPRD periode 2019-2024, Euis Ida Wartiah.


Prosesi pelantikan berlangsung hidmat, ke 50 anggota DPRD yang baru diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Garut, Sinta Gaberia Pasaribu, disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, serta pimpinan DPRD periode sebelumnya dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Sekda Nurdin Yana, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan apresiasi terhadap anggota DPRD periode 2019-2024 yang telah bersinergi dan bekerja sama dalam rangka menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Garut. Nurdin juga menyoroti kehadiran 28 anggota baru dalam komposisi DPRD periode ini, sementara 22 lainnya merupakan petahana yang kembali terpilih.


"Atas nama pemerintah tentu kami haturkan banyak terima kasih seiring doa mudah-mudahan selepas beliau-beliau yang masuk lagi ataupun yang tidak, tetap kita bisa melaksanakan fungsi pemerintahan dengan sebaik-baiknya, kemudian dengan yang baru dapat bersinergis sehingga apa yang menjadi target kita, khususnya memberikan kesejahteraan pada masyarakat bisa kita capai melalui sinergitas yang dibangun," ujar Nurdin.


Ketua DPRD Garut periode 2019-2024, Euis Ida Wartiah, dalam pidato perpisahannya memaparkan berbagai capaian selama masa jabatannya. Ia menyebutkan bahwa DPRD telah membahas 57 rancangan peraturan daerah (Raperda), mengadakan 146 kali rapat paripurna, dan menetapkan 142 keputusan DPRD. Dalam fungsi pengawasan, DPRD juga mengadakan 1.482 rapat kerja dengan pemerintah daerah. Euis juga menyoroti peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Rp4,5 triliun pada 2019 menjadi Rp4,7 triliun pada 2024.


"Disadari pula bahwa upaya yang telah dilakukan itu mungkin masih jauh dari harapan dan belum dapat memuaskan semua pihak. Karena sebagai manusia kami pun tidak terlepas dari kekurangan, kekhilafan, dan keterbatasan," tutur Euis Ida.


Untuk itu, atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Garut Masa Jabatan 2019-2024, Ia menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, dan juga mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas jalinan kerja sama yang terbina dengan baik.


Ia berharap hal-hal yang dirasa masih kurang hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan yang lebih baik di masa depan, khususnya oleh Anggota DPRD terpilih hasil Pemilu Tahun 2024. Sementara, hal-hal yang sudah terjalin dengan baik kiranya dapat terus ditingkatkan. 


"Kepada rekan-rekan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Garut masa jabatan 2924-2029 kami mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang mengemban amanah, guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Garut menuju cita-cita sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Garut yaitu Garut bertaqwa, maju, dan, sejahtera," ucapnya.


Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Garut Sementara, Iman Ali Rahman, yang menerima simbolis palu pimpinan dari Euis, menjadi simbolik yang mengandung makna luas dan dimensional, dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Garut saat ini hingga ke depan. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja DPRD sebelumnya. Menurutnya, pengalaman dan kebijakan yang telah dirumuskan oleh DPRD periode lalu akan menjadi landasan penting bagi arah pembangunan Kabupaten Garut ke depan.


“Bapak dan Ibu anggota DPRD periode sebelumnya telah memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan Garut. Kami berterima kasih atas dedikasi yang telah diberikan dan akan melanjutkan perjuangan ini demi rakyat Garut,” pungkas Iman.


*Deni*


0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini