Pj Bupati Garut Hadiri Pengarahan Presiden Jokowi di IKN

 

Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, beserta para kepala daerah mengikuti Pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala Daerah Seluruh Indonesia, di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Selasa (13/8/2024). (Foto : Dok. BPMI Kemensetneg RI).



Erqita News, Ibuu Kota Nusantara (IKN)- Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, bersama kepala daerah dari seluruh Indonesia menghadiri pengarahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, pada Selasa (13/8/2024). Acara tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat untuk memastikan kebijakan di daerah berjalan sesuai dengan rencana nasional.


Dalam arahannya, seperti yang disampaikan oleh Siaran Pers Kementerian Sekretariat Negara, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya menjaga daya beli rakyat dan memastikan keamanan Pilkada Serentak 2024.


Presiden Jokowi meminta para kepala daerah untuk segera merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna meningkatkan daya beli masyarakat. Hingga saat ini, realisasi belanja daerah tercatat masih rendah, dengan kabupaten/kota hanya mencapai 31% dan provinsi 41%.


“Uang beredar di kabupaten Bapak, Ibu semuanya sangat rendah. Kalau peredaran uang rendah, artinya daya beli juga tidak kuat. Segera keluarkan,” tegas Presiden Jokowi. Ia menekankan bahwa semakin cepat APBD direalisasikan, semakin baik dampaknya terhadap perputaran uang dan daya beli masyarakat.


Meski demikian, Presiden mengapresiasi kinerja kepala daerah yang berhasil menjaga inflasi nasional pada level yang sangat baik. “Terakhir inflasi kita berada di angka 2,13 persen, sebelumnya 2,58 persen. Sangat bagus,” ujarnya.


Selain itu, Presiden Jokowi juga menyoroti persiapan Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 November mendatang. Ia meminta anggaran Pilkada segera diselesaikan dan memastikan keamanan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik.


“Koordinasikan dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada serentak,” pesan Presiden Jokowi.


Lebih lanjut, Presiden mengingatkan kepada para kepala daerah, jika terdapat keraguan atau membutuhkan tambahan kekuatan, untuk segera menyampaikan hal tersebut kepada Kapolda atau Kapolri. 


Di akhir pengarahannya, Presiden menyampaikan terima kasih kepada para kepala daerah yang hadir di Ibu Kota Nusantara dan mengharapkan agar hal-hal baik yang dilihat di IKN bisa ditiru dan diterapkan di daerah masing-masing.


“Saya sangat berterima kasih kepada para gubernur, bupati, dan wali kota yang telah hadir di Ibu Kota Negara Nusantara ini. Kalau ada yang baik bisa ditiru, mulai direncanakan,” tandasnya.

-----------------------



Penulis : Kemensetneg RI & Muhamad Azi Zulhakim.

Penyunting : Dni

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini